Sabtu, 14 Desember 2013

Berhati-hati Dengan Rasa Dengki

Sifat Hasad atau dengki atau dalam makna yang lain adalah kedengkian atau rasa dengki terhadap sesama manusia disebabkan oleh rezeki dari Allah Azza Wajalla yang berlebih terhadap saudaranya dengan disertai dengan keinginan agar kenikmatan yang diperoleh rivalnya tersebut hilang atau musnah.

Penyakit hati ini sangat berbahaya karena ia dapat melalap kebaikan sejawatnya yang telah menoreh jasa terhadapnya sebagaimana api melalap habis kayu bakar. Sangat jarang sekali muncul sifat hasad kecuali pada keadaan orang yang memiliki kesamaan misalnya pekerjaan atau hal-hal lainnya misalnya hasadnya para pedagang muncul disaat melihat ada hal yang lebih pada rekannya, contoh lain hasadnya sesama pelajar terhadap teman-temannya karena kelebihan yang yang dimiliki kawannya dan seterusnya. Demikianlah syaitan yang begitu pandai mengadu domba umat manusia agar terjatuh dalam perselisihan. Bukankah kisah Qabil dan Habil cukup mengesankan bagi kita atas bahayanya sifat ini? Solusi dari sifat hasad terhadap sesama adalah dengan menyadari bahwa anugerah dan karunia yang diberikan Allah kepada makhluknya berbeda-beda sesuai dengan yang dikehendaki-Nya

Bukankah Allah Subhanahu Wata'ala telah menyatakan : ذَٰلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِالْ عَظِيمِ "Demikianlah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya; dan Allah mempunyai karunia yang besar".(QS: Al-Jumuah Ayat: 4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar